Penyebab Gagal Tes CPNS yang Disepelekan

2 min read

gagal tes cpns

Bagi masyoritas masyarakat Indonesia, menjadi seorang PNS adalah sebuah impian besar. Alasannya, selain mengabdikan dirinya untuk negera juga memiliki jaminan finansial yang menggiurkan seperti gaji, tunjangan, jaminan pensiun dan sebagainya.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil bukanlah hal mudah, harus melewati seleksi cukup panjang. Selain itu, banyak penyebab gagal tes CPNS yang kurang dipahami saat melakukannya.

Hal Penting saat Mengikuti Tes CPNS

Pada tahap ujian CPNS, Anda harus melewati proses pendaftaran secara online, dengan cara memilih formasi apa sesuai dengan kualifikasi ijazahnya. Langkah ini juga digunakan untuk mengunggah beberapa dokumen administrasi. Jangan sampai salah atau kurang, karena secara otomatis tidak akan lolos ke seleksi selanjutnya.

Setelah pengumuman lolos administrasi, tahap selanjutnya yakni mengikuti tes CPNS. Anda harus mengetahui lokasi ujian paling lambat H-1. Saat itu, sebaiknya Anda menggunakan waktu untuk beristirahat agar dalam kondisi prima dan bisa menyelesaikan soal-soalnya dengan baik.

Sebelum mengikuti tes CPNS, sebaiknya Anda datang ke lokasi minimal satu jam sebelum ujian dimulai. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan atau kejadian menyebalkan lainnya.

Penyebab Gagal Tes CPNS

Ada banyak perjuangan dan pengorbanan yang harus Anda lakukan agar bisa menjadi seorang PNS. Mulai dari belajar, latihan simulasi CAT dan sebagainya. Akan tetapi, ada beberapa hal bisa membuat gagal lolos ujian CPNS, seperti:

Salah Memasukkan NIK dan Nomor KK

Tahap awal dalam seleksi CPNS adalah melakukan registrasi untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan memasukkan NIK dan nomor KK. Dalam beberapa kasus banyak calon pelamar yang salah menginputnya.

Untuk mengantisipasi kejadian ini, sebaiknya lebih teliti saat memasukkannya atau setelah proses tersebut lakukan cek ulang agar bisa mendeteksi jika terjadi kekeliruan input data. Jangan sampai salah menempatkan, hal ini sering dianggap sepele bisa membuat tidak lolos seleksi administrasi.

Kurang Teliti dalam Mengisi Data Administrasi

Pada tahap ini pelamar diminta untuk mengisi secara lengkap tentang data pribadi. Biasanya banyak terjadi kesalahan yang dilakukan, karena terlalu terburu-buru dalam menginputnya.

Kesalahan sekecil apapun dalam tahap ini bisa menyebabkan data menjadi tidak valid. Perlu diperhatikan lagi, bahwasanya ada beberapa format yang hanya boleh diisi satu kali saja dan tidak boleh diganti. Sehingga, sedikit salah berakibat fatal dengan tidak lolos ke seleksi berikutnya.

Nama yang Diinput tidak Sesuai

Sebelum mendaftar, sebaiknya mengecek nama di KTP dan cocokkan dengan nama didokumen lainnya, seperti ijazah, akta kelahiran, transkipi nilai dan sebagainya. Jika ada data berbeda, sebaiknya segera diurus terlebih dahulu untuk memperbaikinya.

Karena sistem online, Anda juga harus memeriksa koneksi internet pada komputer. Jangan sampai data yang dimasukan tidak menyimpan dan terkirim. Ini juga meruapakan faktor utama agar tidak terjadi kesalahan sepele.

Usia Harus Sesuai Persyaratan

35 tahun merupakan usia maksimal untuk mendaftar CPNS. Tetapi, setiap dibuka lowongan tersebut alangkah lebih baik perhatikan batas umur pada formasi yang sedang dibutuhkan. Jangan sampai melebihi batas, karena kemungkinan besar tidak akan lolos.

Untuk lebih memaksimalkan peluang ini, setelah lulus dari perguruan tinggi langsung saja melakukan pendaftaran menjadi PNS. Namun, peluang menjalani profesi ini tidak dibuka setiap tahunnya. Oleh karena itu, harus sering update informasi.

Jurusan Harus Sesuai

Dalam beberapa kasus, banyak pelamar memaksakan diri untuk tetap mendaftar pada formasi tertentu padahal jurusannya tidak sesuai dengan tujuan. Ini bisa dipastikan akan gagal sebelum masuk ke tahap selanjutnya.

Asal Memilih Instansi dan Formasi

Banyak calon pelamar kebingungan untuk menentukan instansi atau formasi apa yang akan diambil. Sehingga, ujung-ujungnya memutuskan dengan asal-asalan tanpa memikirkan keahliannya. Kejadian ini berakibat fatal karena sudah pasti tidak lolos seleksi.

Sebaiknya Anda memilih instansi maupun formasi sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan juga harus jeli dalam melihat peluangnya.

Menganggap Remeh TKD

Tes Kompetensi Dasar ini terdiri dari beberapa bagian di antaranya adalah Tes Karakteristik Pribadi, Tes Wawasan Kebangsaan serta Tes Intelegensia Umum. Ketiganya membutuhkan standar skor minimal masing-masing.

Meskipun Anda sudah lolos tes administrasi, tidak jarang peserta gugur karena tidak memenuhi salah satu standar skor tersebut. Jika ingin berhasil, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik dan matang-matang. Jangan sampai menganggap sepele tahap ini.

Kurang Persiapan Latihan Soal

Sebelum mengikuti tes CPNS, sebaiknya calon peserta memprsiapkan diri dengan baik seperti berlatih mengerjakan soal-soal ujian. Jika ini diabaikan, saat hari pelaksanaan akan kaget dan tidak terbiasa menghadapinya.

Untuk melatihnya, Anda bisa mencari sosl-soal latihan di internet. Tetapi, lebih baik jika membeli soal CPNS yang tersedia di toko buku.

Ikut Rekrutmen CPNS Tidak Totalitas

Jangan sampai memiliki prinsip hanya coba-coba atau ikut-ikutan saja, sehingga nanti akan berhenti di tengah jalan. Jadikan momen dibukannya lowongan CPNS menjadi kesempatan berharga untuk mengembangkan potensi. Selain itu, juga menyenangkan diri sendiri karena sudah lolos.

Belum Siap secara Mental

Mental yang dimiliki akan teruji saat proses rekrutmen CPNS ini. Anda harus bersaing secara ketat dengan ratusan bahkan jutaan peserta lain. Ambil kesempatan besar tersebut untuk mengeluarkan semua potensi dalam diri.

Jika ingin menjadi PNS maka harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Jangan sampai penyebab gagal tes CPNS diuraikan di atas terjadi pada diri Anda. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *