Gaji Pensiun PNS Berdasarkan Golongan

2 min read

gaji pensiunan pns

PNS – Sebagian besar orang berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil. Alasan paling familiar ialah agar kelak di masa tua mendapat tunjangan. Jika Anda salah satunya, lantas berapa gaji pensiun PNS?

Gaji Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Salah satu keuntungan menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) ialah mendapatkan beberapa tunjangan. Salah satunya yakni gaji di masa tua. Sehingga, nantinya uang tersebut dapat dijadikan sebagai aset masa depan dan jaminan kerja.

Menariknya lagi, belum lama ini berbagai media semakin ramai memberitakan bahwa gaji pensiun PNS mengalami kenaikan. Dimana hal tersebut ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia dan telah bersifat resmi.

Mengenai adanya kenaikan gaji pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut, Presiden Republik Indonesia menegaskan bahwa, agar semakin meningkatkan kadar kualitas birokrasi dalam negeri. Dan, hal tersebut kini telah diterapkan dengan adanya penambahan sebanyak 5 persen.

Besaran Gaji Pensiun Pegawa Negeri Sipil (PNS)

Mengulas tentang besarnya gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah mengalami masa pensiun, ternyata jumlah tersebut ditentukan oleh dua faktor. Di antaranya yakni menggunakan skema resmi lama dan baru.

Skema Lama Gaji Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS): Diberikan Saat Resmi Pensiun (Pay As You Go)

Skema lama penetapan gaji pensiun Pegawai Negeri sipil ini telah mengacu pada Undang-Undang Nomer 11 Tahun 1969, yang di dalamnya menyebutkan bahwa berhak diterima oleh pensiunan dengan predikan janda atau duda.G

Di samping itu, di dalam perundang-undangan tersebut juga dijelaskan bahwa besaran gaji yang nantinya akan diterima yakni sekitar 40 hingga 75 persen. Tidak lupa turut tercantum dana iuran sebesar 10% di setiap bulannya.

Skema Baru Gaji Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS): Fully Funded

Dalam ketetapan skema baru gaji pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini, diberlakukan sistem pembayaran yang berasal dari 2 sumber, yaitu pemerintah dan iuran PNS pribadi. Dengan perkiraan sebesar 10 hingga 15 persen dari keseluruhan penghasilan.

Skema gaji pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS): Fully Funded ini masih harus melalui tahap pemrosesan serta pertimbangan dari berbagai segi elemen. Sehingga, belum bisa diterapkan secara realita. Maka, berikut ini daftar besarannya berdasarkan golongan PNS:

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan I

  • Golongan IA: Rp.1.668.500,-
  • Golongan IB: Rp.1.766.400,-
  • Golongan IC: Rp.1.841.100,-
  • Golongan ID: Rp.1.919.100,-
  • Duda/Janda Golongan I: Rp.114.900,-

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan II

  • Golongan IIA: Rp.409.800,-, (Duda/Janda: Rp.1.156.700,-)
  • Golongan IIB: Rp.511.700,-, (Duda/Janda: Rp.1.205.700,-)
  • Golongan IIC: Rp.618.000,-, (Duda/Janda: Rp.1.256.700,-)
  • Golongan IID: Rp.728.700,-, (Duda/Janda: Rp.1.309.800,-)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan III

  • Golongan IIIA: Rp.026.100,-, (Duda/Janda: Rp.1.452.600,-)
  • Golongan IIIB: Rp.154.100,-, (Duda/Janda: Rp.1.514.000,-)
  • Golongan IIIC: Rp.287.500,-, (Duda/Janda: Rp.1.578.000,-)
  • Golongan IIID: Rp.426.600,-, (Duda/Janda: Rp.1.644.800,-)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan IV

  • Golongan IVA: Rp.571.500,-, (Duda/Janda: Rp.1.714.400,-)
  • Golongan IVB: Rp.722.600,-, (Duda/Janda: Rp.1.786.900,-)
  • Golongan IVC: Rp.880.100,-, (Duda/Janda: Rp.1.862.500,-)
  • Golongan IVD: Rp.044.200,-, (Duda/Janda: Rp.1.941.200,-)
  • Golongan IVE: Rp.4.215.300,-, (Duda/Janda: Rp.023.400,-)

Syarat Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Mengajukan Permohonan Pensiun

Bagi Anda yang tergabung dalam kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) dan telah mencapai pada Batas Usia Pensiun (BUP), bisa membuat pengajuan keterangan pensiunan pertamanya. Berikut ini beberapa syarat yang harus di penuhi:

Mengisi Formulir Permintaan Pembayaran (FPP)

Sebelum semua prosedur terlampaui, sebagai langkah awal Anda terlebih dahulu harus mengisi formulir pengajuan yang berisikan permintaan pembayaran (FPP). Lembaran ini biasanya disediakan secara online melalui website kepemerintahan.

Membuat Tembusan Surat Keterangan yang Telah Berpas Foto

Setelah formulir terisi dan tercetak, kini Anda harus membuat Surat Keterangan (SK) tembusan kepada pihak-pihak terkait untuk menyetujuinya. Jangan lupa menyertakan pas foto resmi berukuran 3×4 mengenakan seragam dinas.

Mencetak Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran (SKPP) Asli

Berkas selanjutnya yakni Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran (SKPP) yang bisa dibuat melalui prosedur buku pedoman Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pastikan Anda mencantumkan dokumen tersebut dengan kaslian.

Arsip Pas Foto

Pastikan Anda menyediakan foto resmi berukuran 3×4 dan 4×6 minimal 3 lembar. Sebab, nantinya akan berguna untuk berbagai berkas pengarsipan. Hal ini bisa digunakan sebagai motif berjaga-jaga apabila terdapat kebutuhan mendadak.

Foto Kopi Kartu Identitas

Sudah dapat dipastikan keberadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sangat penting. Untuk itu, sudah seharusnya Anda mempersiapkan lembar fotokopi tersebut bolak-balik. Paling tidak sebanyak 5 lembar nantinya.

Foto Kopi Buku Tabungan

Saat ini para Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak lagi diberikan gaji secara cash. Maka, apabila Anda hendak mengajukan permohonan pensiun, pastikan untuk memfoto kopi terlebih dahulu buku tabungan terbaru.

Foto Kopi NPWP

Sekalipun pihak pemerintahan mengetahui keberadaan nomer NPWP Anda, berkas berupa foto kopi tersebut digunakan sebagai bukti. Bahwa, calon pensiunan yang bersangkutan masih tergolong kedalam masyarakat yang memiliki Nomer Pembayaran Wajib Pajak.

Surat Keterangan Sekolah Anak

Apabila Anda hendak pensiun dan masih memiliki anak yang berusia antara 21 hingga 25 tahun, sebaiknya segera ajukan surat keterangan yang berisikan bahwa putra atau putri tersebut masih menempuh pendidikan di bangku SMA-Kuliah.

Setelah mengetahui besaran gaji pensiun PNS diatas, tentunya Anda semakin bersemangat dalam menjalani pekerjaan tersebut. Dan segera urus berbagai persyaratan di atas, agar bisa segera memanfaatkan waktu tua dengan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *