10 Cara Lolos Tes CPNS, Terbukti 100%

3 min read

cara lolos tes cpns

PNS – Tahun demi tahun banyak lulusan terdidik berbondong-bondong mengikuti tes CPNS. Semakin banyaknya pendaftar, membuat peluang lolos semakin kecil. Terlebih pemerintah menciptakan proses rekrutmen begitu ketat agar mampu menghasilkan SDM berkualitas. Lantas, Bagaimana cara lolos tes CPNS dengan mudah?

Mengenal Computer Assisted Test

Ketertarikan masyarakat begitu tinggi untuk menjadi seorang PNS, maka dibutuhkan usaha lebih untuk berhak memiliki nomor induk pegawa (NIP). Dalam proses mendapatkannya terlebih dahulu harus lulus Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Tes CPNS dilakukan karena sebagai cara pemerintah dalam menyiapkan calon pemimpin masa depan berkualitas dan profesional melalui proses yang transpaan, bersih, akuntabel dan juga cepat. Salah satunya dengan memberlakukan sistem CAT saat ujian.

Ujian yang dahulu menggunakan kertas dan semacamnya, kini menjadi lebih simpel lagi karena menggunakan sistem CAT dan terhubung langsung dengan komputer. Saat pelaksanaannya, peserta akan mendapatkan soal secara acak serta sudah diatur menggunakan program tertentu.

Tidak menutup kemungkinan antar komputer menampilkan soal yang berbeda. Hebatnya lagi, hasil ujian langsung keluar beberapa saat setelah tes selesai. Cara ini sangat efisien dalam segi waktu. Proses tersebut menjadi lebih bersih dan transparan, sehingga mencegah orang dari jalur belakang.

Cara Jitu Lolos Tes CPNS

Jika Anda memiliki keinginan begitu besar untuk menjadi seorang PNS, berarti harus melakukan berbagai persiapan dengan maksimal. Selain jumlah peserta yang banyak, juga soal-soal ujian bukanlah perkara mudah. Untuk itu, simak cara lolos tes CPNS di bawah ini:

Berdoa kepada Allah

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah berdoa kepada Allah agar diberikan hasil terbaik pada saat ujian CPNS. Semua keringat, kerja keras dan usaha tidak akan berarti jika tidak mendapat ridhonya. Mintalah petunjuk dan juga pertolongan kepada-Nya supaya bisa menghadapi tes tersebut dengan lancar tanpa kendala sedikitpun.

Kerjakan Semua Soal dengan Jujur

Saat ujian CPNS sedang berlangsung, Anda jangan pernah berharap bisa selesai mengerjakan semua soal dari hasil contekan maupun joki. Buang jauh-jauh pemikiran seperti itu, karena izin untuk pergi ke toilet saja susah apalagi bebuat curang.

Setiap ruangan untuk tes CPNS selalu dilengkapi dengan kamera CCTV, sehingga para pengawas ujian bisa mengawasi kondisi ruangan meski tanpa ada tempat. Terlebih, jumlah soal yang begitu banyak dan rumit membuat Anda lebih fokus dan berkonsentrasi di depan komputer.

Kenali Tahapan Ujian CPNS

Setiap instansi pemerintah memiliki model ujian berbeda-beda tergantung kebutuhannya. Secara garis besar, ada 2 seleksi yatu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). Untuk KB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara.

Materi maupun model ujiannya bisa jadi berbeda-beda, karena menyesuaikan dengan formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD itu sendiri merupakan seleksi wajib dan harus dilalui dengan kriteria kelulusan sama untuk setiap pelamar.

Ada tiga jenis kelompok materi soal TKD, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi mengenai materi tentang nilai-nilai kebangsaan seperti Undang-undang, Pancasila, 4 pilar kebangsaan dan sejarah bangsa Indonesia.

Tes Intelegensia Umum (TIU). Berisi mengenai materi untuk menilai kemampuan verbal, numerik dan juga lisan dari pesertanya. Biasanya soal-soalnya tentang deret hitung, anonim, sinonim, logika matematika dan sejenisna.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi materi yang menguji semangat kerja, integritas diri, kerjasama, kreativitas, profesionalitas dan sebagainya. Pada ujian jenis ini terlihat sangat subjektif tetapi saat menjawab harus berhati-hati.

Belajar Secara Konsisten

Tidak sedikit orang yang meremehkan model ujian CPNS, sehingga tidak melakukan persiapan dengan baik dan hanya memasrahkan hasilnya kepada Allah. Padahal semua itu butuh perjuangan untuk bisa mengalahkan puluhan ribu pendaftar lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda belajar sekitar 30 menit secara konsisten setiap harinya untuk mengerjakan soal-soal CAT. Dengan begitu, tidak kaget melihat soal-soal saat ujian berlangsung.

Tenang saat Menghadapi Ujian

Merasakan grogi saat menghadapi tes merupakan hal wajar. Tetapi, jangan sampai itu semua membuat kesulitan untuk berfikir maupun melupakan semua yang telah dipelajari sebelumnya. Jadi, harus tetap tenang dengan cara sebelum ujian sebaiknya berdoa dan juga membaca Al-quran.

Latihan Simulasi CAT

Sebelum mengikuti seleksi CPNS, alangkah baiknya berlatih dengan simulasi CAT agar tidak gagap saat menghadapi ujian berbasis komputer. Terlebih saat ini sudah banyak situs yang menyediakan fasilitas simulasi secara online.

Selain itu, banyak buku materi ujian CPNS yang juga menyediakan aplikasi untuk berlatih soal-soal CAT. Untuk itu manfaatkan sebaik mungkin.

Baca juga : Pegawai Negeri Sipil, Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Maksimalkan Waktu Ujian

Hanya 2 jam waktu yang disediakan untuk mengerjakan seluruh soal-soal tes CPNS. Ketika sudah selesai, alangkah lebih baik jangan keluar ruangan terlebih dahulu. Maksimalkan sisanya untuk memeriksa kembali jawaban. Siapa tahu ada yang salah dan bisa diperbaiki.

Jawab Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Dari banyaknya soal yang diberikan, sebaiknya kerjakan yang lebih mudah terlebih dahulu. Dengan begitu, waktu Anda tidak habis hanya untuk menyelesaikan 1 soal saja dan mengabaikan lainnya.

Minta doa Restu Orang Tua

Bagi yang masih memiliki orang tua, alangkah baiknya meminta doa dari mereka agar Allah memberikan kemudahan saat menghadapi ujian CPNS dan diberikan kelancaran dalam mengerjakannya.

Menjaga Kesehatan

Kesembilan persiapan di atas tidak ada artinya jika saat hari H ujian dilaksanakan, Anda dalam keadaan tidak sehat. Alangkah baiknya selalu menjaga kesehatan dengan baik, jangan memaksakan diri saat belajar sampai tubuh menjadi drop.

Menghadapi ujian menjadi PNS memang tidak lah mudah, maka cara lolos tes CPNS di atas harus Anda terapkan dengan baik agar menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil tanpa halangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *