Cara Daftar CPNS Lengkap Secara Online

2 min read

daftar cpns

PNS – Langkah pertama untuk menjadi CPNS harus melakukan pendaftaran dan dilakukan serentak seluruh Indonesia dengan cara online. Dengan diberlakukannya sistem baru ini, terkadang ada beberapa orang yang cukup kesulitan. Di bawah ini akan diberikan cara daftar CPNS lengkap.

Syarat Daftar CPNS

Banyaknya masyarakat dengan antusias cukup tinggi untuk mengikuti tes CPNS, mewajibkan mereka memahami alur pendaftaran agar bisa lolos seleksi. Salah satunya dengan mempersiapan dokumen penting yang dibutuhkan.

Adapun beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh peserta CPNS, pertama berusia mulai 18 hingga 35 tahun. Tidak pernah dipidana dengan kurungan penjara dua tahun atau lebih, berdasarkan keputusan dari pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

Selanjutnya, tidak pernah diberhentikan secara hormat atau tidak atas permintaan sendiri dan diberhentikan dengan tidak hormat sebagai prajurit TNI, anggota polisi, PNS dan juga pegawai swasta.

Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, anggota polisi atau TNI. Berikutnya tidak sedang menjadi anggota maupun pengurus partai politik serta terlibat politik praktis. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan setiap formasi atau jabatan.

Selain itu, harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ataupun negara lainnya dan ditentukan oleh instansi pemerintah. Persyaratan lainnya adalah sesuai dengan kebutuhan jabatan yang telah ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Cara Daftar CPNS Lengkap

Saat ini, proses pendaftaran CPNS harus melalui situs resmi BKN di https://sscn,bkn.go.id/ prosesnya sangat mudah. Jika Anda masih belum tahu dan bingung maka simak penjelasan dibawah ini tentang cara daftar CPNS lengkap:

  1. Cara Daftar CPNS di https://sscn,bkn.go.id/

Cara yang harus dilakukan dalam pendaftaran ini dimulai dengan membuka laman resmi BKN di https://sscn,bkn.go.id/.

  • Lalu cari kolom “Pahami Tata Cara Registrasi”yang berada dibagian kiri bawah halaman utama.
  • Kemudian klik pada bagian “Pelamar harus membaca dan memehami tata cara registrasi SSCN (tahun)”.
  • Setelah itu, masuk ke dalam laman “Alur Registrasi
  • Lalu pilih download“Buku Petunjuk Pendaftaran SSCN”.
  • Berikutnya buat akun SSCN  dengan cara pertama pilihlah menu “Registrasi,
  • Lalu isi semua kolomnya sesuai petunjuk yang terdiri dari Nomor Indok Kependudukan (NIK), nomor KK atau NIK kepala keluarga.
  • Selanjutya cantumkan alamat e-mail Anda yang aktif, kemudian buat password.
  • Setelah itu, upload pass foto minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan formar .JPEG maupun .JPG. berikutnya cetak kartu informasi akun SSCN.
  • Setelah membuatnya lanjut Log in ke SSCN, dengan menggunakan password dan NIK yang sebelumnya tela didaftarkan. Selanjutnya lakukan “Daftar Instansi”,
  • Cek “Resume”lalu kirim data dan terakhir cetak kartu pendaftarannya.
  1. Cara Melakukan Daftar Instansi

Setelah selesai mendaftar CPNS melalui https://sscn,bkn.go.id/, selanjutnya daftar instansi sesuai dengan formasi yang telah dipilih. Berikut caranya:

  • Pertama Anda harus foto diri dengan memegang KTP dan juga kartu pendaftaran SSCN.
  • Berikutnya cantumkan informasi akun sebagai tanda bukti kalau sudah melakukan pendaftaran.
  • Selanjutnya lengkapi semua data, lalu pilih instansi, formasi dan jabatan sesuai dengan riwayat pendidikan.
  • Setelah itu, lengkapi semua data pada formulir yang diperlukan sesuai dengan persyaratan setiap instansi.
  • Kemudian cek isian pada formulir resume dan terakhir cetak kartu pendaftaran SCCN.
  • Lalu siapkan beberapa dokumen seperti Kartu keluarga (KK), Kartu tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkip Nilai, pas foto dan lain-lain.
  • Sebelum diunggah semua dokomen tersebut terlebih dahulu harus di scan dengan kapasitas dan format sesuai ketentuan, misallnya KTP dan pass foto 200 kb/ jpg atau jpeg, ijazah 700 kb/ pdf, transkip nilai 500 kb/pdf, resume 300 kb/pdf serta dokumen lain 700 kb /pdf.
  • Semua cara pendaftaran di atas harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Mumpung masih ada banyak waktu sebaiknya cek kembali semua persiapan termasuk dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Jika semua persiapan dilakukan dengan maksimal, maka tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan hasil sesuai harapan. Pastikan selalu mengecek akun sosia lmedia BKN atau isntansi terkait untuk mendapatkan informai terupdate.

Untuk menunggu waktu sampai pengumuman lolos administrasi, tidak ada salahnya jika mempersiapkan diri dengan latihan mengerjakan soal-soalnya. Terlebih saat ini sudah bisa dengan mudah diperoleh contoh-contooh soal CPNS di internet, selain itu juga bisa membeli bukunya.

Perhatikan hal ini saat Daftar CPNS Secara Online

Agar setiap proses pendaftaran berjalan dengan baik dan lancar, maka perlu untuk memperhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku. Selain itu, juga simak beberapa paparan berikut ini:

  • Pertama

Teliti kembali setelah melakukan pendaftaran dan mengupload semua dokumen yang dibutuhkan. Alasannya ketika Anda sudah mengklik “Ya” pada kolom penyelesaian, tidak akan bisa mengubahnya kembali.

  • Kedua

Selanjutnya, pastikan semua ukuran dokumennya sudah sesuai dengan ketentuan agar tidak gagal saat mengunggahnya. Lalu gunakan foto khusus untuk pass foto dengan foto formal dan sesuai ketentuan. Jangan upload foto selfie.

  • Ketiga

Harus memperhatikan batas waktu terakhir pendaftarannya. Berikutnya pilih instansi yang akan dilamar sesuai dengan riwayat pendidikan Anda. Baca dengan baik dan kemudian pahami buku petunjuk pendaftaran SSCN yang sudah didownload.

  • Terakhir

Catat alamat email dan juga password yang digunakan untuk mendaftar, agar tidak lupa saat melakukan login. Berikutnya pantau kabar selanjutnya, apabila sudah diterima cetak kartu ujian SSCN. Kemudian persiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti tes hingga diterima menjadi PNS.

Itulah cara daftar CPNS lengkap, diharapkan bisa mempermudah Anda dalam mempraktekkannya.  Sebenarnya proses pendaftarannya tidak terlalu ribet, hanya saja harus teliti dan memahaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *