Apa Saja Info Terbaru PNS 2020? Yuk, Simak Ulasan Berikut

5 min read

Profesi sebagai PNS merupakan hal yang paling dicari saat ini. Walaupun hanya ribuan kuota yang dibutuhkan, terbukti ada jutaan pelamar pada penghujung 2019 ini. Walaupun sudah ditutup pendaftarannya, Anda harus tetap update info terbaru PNS 2020 supaya tidak ketinggalan beritanya.

Info Kenaikan Golongan pada PNS

Seorang PNS yang mengajukan Peninjauan Masa Kerja dan disetujui oleh instansi berwenang, masa kerjanya otomatis juga akan bertambah. Seperti:

  1. PNS Golongan “I/d” naik pangkat ke Golongan “II/a” masa kerja golongannya akan dikurangi 6 (enam) tahun. Contoh, Gol. “I/d” MKG 10 tahun 1 bulan, bila naik pangkat ke gol. “II/a” maka MKG-nya menjadi 4 tahun 1 bulan.
  2. PNS Golongan  “II/d” yang naik pangkat ke Golongan “III/a” Masa Kerja Golongannya akan dikurangi 5 (lima) tahun. Contoh, gol. “II/d” MKG 20 tahun 7 bulan, bila naik pangkat ke Gol. “III/a” maka MKG-nya menjadi 15 tahun 7 bulan.

Dengan adanya perhitungan di atas, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menghitung berapa masa kerja yang didapatkan. Sehingga, bisa memprediksinya saat pensiun berlangsung. Namun, terkadang masih banyak PNS merasa kesulitan saat melakukannya.

Info Masa Pensiun PNS

Pensiun tetap digaji? Ini merupakan salah satu keunggulan menjadi PNS. Untuk menentukan masa pensiun, Anda harus mengetahui batasan yang dikombinasikan dengan masa kerja. Misalnya saja, pengangkatan sebagai PNS pada bulan Januari tahun 2000 sedangkan pada 2030 usia sudah mencapai 60 tahun.

Dari hal di atas dapat diambil kesimpulan bahwa orang tersebut memiiliki masa pengabdian selama 40 tahun lamanya. Ini yang menjadi dasar sebagai penentuan hak pensiun PNS.

Info Masa kerja PNS

Sama halnya dengan pekerjaan lain, menjadi PNS juga memiliki masa kerja yang dihitung. Ini biasanya digunakan sebagai tolak ukur untuk peningkatan gaji, pangkat atau tunjangan lainnya. Lantas bagaimana perhitungan masa kerjanya?

Dalam profesi PNS, masa kerja terdiri dari 2 macam, yaitu masa kerja golongan (pangkat) ataupun masa kerja keseluruhan. Untuk masa kerja golongan, dihitung saat mereka menyandangnya (berapa tahun). Sedangkan masa kerja keseluruhan, dimulai saat mereka masuk menjadi CPNS.

Jika semua dijumlahkan, baik masa golongan ataupun masa keseluruhan pasti memiliki durasi yang sama. Semakin lama maka semakin besar pula gajinya, Anda tertarik?

Cara Menghitung Masa Kerja Golongan

Untuk penghitungan masa kerja golongan dimulai dari “SK Kenaikan Pangkat Terakhir” sampai dengan bulan / tahun berjalan. Contoh, Seorang PNS punya SK “01 Januari 2020” dengan masa kerja golongan (tercantum dalam SK) 15 tahun 01 bulan.

01  –  01  –  2020    =     15  tahun  01  bulan

01  –  01  –  2027     =    07  tahun  00  bulan

00  – 00  –       07     =    22  tahun   01  bulan

Jadi Masa Kerja PNS tersebut pada bulan Januari 2020 adalah 22 tahun 01 bulan.

Cara Menghitung Masa Kerja Keseluruhan

Untuk menghitung dimulai TMT CPNS sampai dengan bulan terakhir, ditambah dengan masa kerja yang diperoleh saat pengangkatan. Contoh,  Seorang  PNS mempunyai  SK  CPNS  TMT “01 Januari 1990” dengan masa kerja diperoleh sebelumnya (tercantum) dalam SK CPNS 05  tahun  00  bulan.

01  –  01  –  1990

01  –  01  –  2020

00  –  00  –  30 tahun 00 bulan, ditambah dengan masa kerja sebelumnya “05 tahun 00 bulan”.

Masa Kerja Keseluruhan PNS tersebut per 01 Januari 2020 adalah 35 tahun  00  bulan.

Penijauan Masa Kerja

Ini merupakan masa kerja sebelum diangkat menjadi PNS, namun sudah bekerja di instansi pemerintahan. Dengan begitu, masa kerja juga akan bertambah. Bisa jadi, akan langsung naik ke golongan atas setelah melalui proses peninjauan ulang.

Namun, jika tidak memiliki masa kerja sebelumnya. Seorang PNS akan dihitung mulai dari diangkatnya menjadi CPNS. Setiap profesi yang digeluti PNS memiliki masa dan jam kerja masing-masing, sehingga kemungkinan patokan untuk masa kerja juga tidaklah sama.

Masa Kerja yang Dapat Diperhitungkan

Beberapa masa kerja yang dapat diperhitungkan yaitu, masa selama menjadi CPNS/PNS, menjalani tugas pemerintah, menjadi pejabat negara, menjadi pegawai/karyawan perusahaan milik pemerintah dan juga semua instansi terkait pemerintahan.

Hal di atas juga harus memiliki bukti kuat, seperti SK resmi dari pemerintah. Sehingga, semua berkas yang ada dapat dipertanggung jawabkan dengan baik dan benar. Karena jika ada penyelewengan pasti ada proses hukum yang berlaku.

Masa Kerja yang Tidak Diperhitungkan

Terdapat juga beberapa masa kerja yang tidak diperhitungkan. Seperti:

  1. Masa selama menjalani cuti di luar tanggungan negara (tidak dihitung pada semua masa kerja).
  2. Pengalaman kerja dari pemerintah dengan menerima penghasilan tidak tetap (pekerja lepas).
  3. Masa kerja dari swasta yang kurang dari satu tahun
  4. Bukti pengalaman kerja dari pemerintah/swasta yang dibuat dalam bentuk surat keterangan tidak dapat dipertimbangkan sebagai bukti valid pengalaman kerja.
  5. Masa kerja yang diperoleh dari swasta (bukan pemerintah).

Masa Kerja Dihitung Penuh

Masa kerja penuh dihitung sejak pegawai bekerja di instansi pemerintahan, baik sudah diangkat maupun belum. Ini digunakan untuk menambahkan jumlah masa kerja. Seperti contoh, sebagai Pegawai Honorer selama 5 tahun 1 bilan, Sebagai Perangkat Desa selama 4 tahun 4 bulan.

Dapat disimpulkan untuk jumlah keseluruhan yakni 9 tahun 5 bulan. Inilah yang akan menjadi perhitungan untuk penetapan gaji pokok pengangkatan pertama. Semakin lama mengabdi kepada negara, semakin tinggi pula jabatan yang akan disandang.

Masa Kerja tidak Dihitung Penuh

Masa kerja ini terkait dengan pekerjaan diluar instansi pemerintah. Namun, memiliki badan hukum seperti halnya perusahaan swasta nasioal. Misalnya saja, Dia bekerja di perusahaan tersebut selama 7 tahun, dan perusahaan ker dua selama 3 tahun, kemudian pindah lagi ke prusahaan selanjutnya selama 4 tahun.

Maka, semua itu tidak dihitung selama 14 tahun. Ini semua tergantung kebijakan dan peraturan instansi pemerintah yang akan menentukan. Jika dirasa perlu, bisa jadi masa kerja akan bertambah. Begitu pula sebalikanya.

Masa Kerja tidak Dapat Dihitung

Masa kerja ini lebih mengedepankan efisiensi waktu. Kebanyakan hal yang tidak dapat dihitung misalnya jam kerja kurang dari 2 tahun. Misalnya saja, bekerja di perusahaan swasta selama 6 bulan, perusahaan asing Amerika selama 11 bulan dan beberapa lainnya.

Hal ini sudah ditetapkan oleh pemerinah, oleh karena itu bagi Anda yang pernah bekerja kurang dari waktu tersebut jangan berkecil hati karena masuk dalam masa kerja tidak dapat dihitung.

Info Terbaru Gaji PNS

Banyak isu yang mengatakan bahwa gaji PNS 2020 digadang-gadang akan naik. Hal inilah yang menambah motovasi peserta untuk mengikuti tes CPNS. Sehingga, semakin lama peminatnya juga semakin membludak. Bahkan sampai jutaan pendaftar setiap kali pembukaan.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 (Perubahan Ke-18 atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977) tentang Peraturan Gaji PNS pada Pada 13 Maret 2019, oleh Presiden Joko Widodo telah membuat PNS semakin sejahtera.

Dalam lampiran PP ini diapaparkan:

  1. Gaji terendah PNS (golongan I/a masa kerja 0 tahun) menjadi Rp.1.560.800,- dari sebelumnya Rp.1.486.500,-.
  2. Gaji terendah PNS golongan II (II/a masa kerja 0 tahun) menjadi Rp.2.022.200,- dari sebelumnya Rp.1.926.000,-.
  3. Gaji tertinggi (II/d masa kerja 33 tahun) menjadi Rp.3.820.000,- dari sebelumnya Rp.3.638.200,-.
  4. Gaji terendah golongan III (III/a masa kerja 0 tahun) saat ini menjadi Rp.2.579.400,- dari sebelumnya Rp.2.456.700,-.
  5. Gaji tertinggi (III/d masa kerja 32 tahun) menjadi Rp.4.797.000,- dari sebelumnya Rp.4.568.000,-.
  6. Gaji terendah PNS golongan IV (IV/a masa kerja 0 tahun) menjadi Rp.3.044.300,- dari sebelumnya Rp.2.899.500,-.
  7. Dan gaji tertinggi (IV/e masa kerja 32 tahun) menjadi Rp.5.901.200,- dari sebelumnya Rp.5.620.300,-.

Apa Saja yang Didapat Ketika Menjadi PNS?

Hak PNS yaitu sesuatu yang diterima oleh PNS dengan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Jika tidak memperolehnya, bisa melakukan banding atau tuntutan. Kewajiban PNS adalah segala sesuatu harus dikerjakan atau boleh dilakukan berdasarkan sesuatu peraturan perundang-undangan.

PNS akan mendapatkan, gaji, perhitungan masa kerja, kenaikan gaji pokok, tunjangan, kenaikan pangkat, daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan, cuti, tunjangan cacat dan uang duka, kesejahteraan dan pensiun.

Sedangkan hal yang harus dilakukan PNS yakni:

  1. Melakukan semua yang berhubungan dengan tugas di dalam jabatan.
  2. Menjalankan dengan baik terkait dengan tugas pokok dan fungsi unit kerja masing-masing PNS.
  3. Kewajiban yang berhubungan dengan kedudukan PNS pada umumnya.

Kewajiban ini terkait dengan kedudukan PNS sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat. Berikut rinciannya:

  1. Mentaati ketetapan UU No.8 tahun 1974.
  2. Menuruti Peraturan Disiplin Pegawai.
  3. Mengikuti Peraturan Tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi PNS.
  4. Mentaati jam kerja kantor dan pemberitahuan jika tidak masuk kerja.
  5. Menjaga keamanan negara dan menyimpan surat-surat rahasia.
  6. Mentaati ketentuan tentang pola hidup sederhana dan larangan penerimaan pemberian hadiah dari pihak manapun.
  7. Kewajiban sebagai anggota KORPRI.
  8. Kewajiban mentaati larangan bekerja dalam lapangan swasta dan usaha-usaha/kegiatan-kegiatan yang wajib mendapat ijin.
  9. Taat pada larangan menurut kitab UU hukum pidana.
  10. Taat pada peraturan tentang larangan korupsi.
  11. Taat pada peraturan tentang larangan mengerjakan judi.
  12. Taat pada peraturan tentang keanggotaan partai polotik.
  13. Menjauhi tindakan yang tidak berhubungan dengan kedudukan sebagai PNS pada umumnya (merugikan negara).
  14. Kewajiban ini terkait dengan pasal 5, 28 dan 29 UU No.8 tahun 1974.

Keuntungan menjadi PNS

Apa saja keuntungan menjadi PNS?

  1. Gaji Tetap dan Cenderung Naik

Setiap bulannya PNS akan mendapatkan gaji tetap yang cukup menggiurkan. Di samping itu, terdapat juga beberapa tunjangan (gaji ke-13). Bahkan, semakin lama masa kerja akan menaikan gaji dari PNS itu sendiri. Seperti ulasan di atas, gaji bisa mencapai 6 juta rupiah perbulannya.

Di samping itu, juga terdapat gaji pensiun. Dalam artian, mereka tidak bekerja namun tetap dapat berpenghasilan dalam jangka waktu yang lama (sesuai ketetapan pemerintah).

  1. Aman dari PHK

Menjadi PNS membuat Anda terhinar dari pemecatan, ini karena kontrak kerja seumur hidup. Namun, ada kewajiban dan larangan yang harus diperhatikan. Jika melanggar, memungkikan diberhentikan secara tidak hormat.

  1. Kemudahan Pinjaman di Bank

Dengan menggunakan SK PNS ke bank, seorang PNS lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman. Namun, untuk pembayaran biasanya dipotong melalui gaji bulanan yang mereka peroleh.

Dengan mengetahui beberapa info terbaru PNS 2020, diharapkan dapat menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin berprofesi sebagai abdi negara. Namun, perlu diperhatikan juga, untuk masuk ke instansi pemerintahah tidaklah mudah. Ini karena harus bersaing dengan jutaan pendaftar setiap kali pembukaan berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *