10 Fakta-fakta Menarik Tentang PNS

2 min read

Apakah ada yang berencana menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil? Tentu kamu tahu bahwa banyak sekali fakta-fakta menarik tentang PNS tersebut. Jadi, simak beberapa informasinya sebelum memutuskan untuk mendaftar atau tidak.

Pandangan Masyarakat Tentang PNS

Pada kwari ini, banyak orang memilih untuk mendaftar CPNS. Kebanyakan alasannya, PNS menjadi salah satu pekerjaan yang sangat terpandang. Orang-orang memiliki bayangan bahwa, dengan bekerja di instansi tersebut mereka akan hidup enak, lebih baik dan berkualitas.

Sebagian orang memiliki tekat yang besar dalam partisipasinya mendaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil. Bahkan, tidak jarang mereka mengorbankan banyak waktu untuk belajar dan berlatih menghadapi tes-tes CPNS tersebut.

Hal itu dikarenakan, orang-orang memiliki pandangan bahwa dengan menjadi PNS nantinya hidup mereka akan lebih terjamin dan sejahtera. Sehingga, tidak heran pendaftar bisa berjumlah jutaan rupiah. Sedangkan kuotanya cuma ribuan saja.

Fakta Menarik Tentang PNS

Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah impian dari banyak orang. Namun, apakah kamu tahu fakta-fakta menarik tentang PNS? Seperti:

  1. PNS tidak Kenal PHK

PNS merupakan salah satu pekerjaan yang pasti. Pemerintah sudah menetapkan bahwa seorang mereka tidak terancam PHK. Sehingga, jika Anda memiliki pekerjaan tersebut akan merasa aman kedepannya.

Hal itu menjadikan salah satu alasan dan tujuan bagi kebanyakan orang, sebab menjadi PNS tidaklah menggunakan sistem kontrak melainkan tetap. Bahkan Anda juga bisa menikmati pekerjaan tersebut sepuasnya (terjadi pemecatan karena hal yang merugikan instansi pemerintah).

  1. Kehidupan PNS Terjamin

Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil, berarti DIa sudah memikirkan kehidupan masa depan. Hal tersebut dikarenakan, akan mendapatkan jaminan dan keuntungan yang jarang diberikan perusahaan swasta.

Hal itu menjadi impian bagi setiap orang untuk berlomba-lomba dalam memiliki pekerjaan tersebut. Sebab, kebanyakan dari mereka menginginkan kehidupan yang terjamin dan sejahtera.

  1. Gaji PNS Tergolong Besar

Semua orang tahu bahwa menjadi Pegawai Negeri Sipil tidaklah mudah. Mereka harus berlomba mengalahkan banyak saingan yang juga menginginkan pekerjaan tersebut. Hal ini juga sebanding dengan gaji yang akan didapatkan.

Sebab, gaji dari seorang PNS tergolong besar (di atas UMR). Selain itu, gaji juga akan naik seiring dengan masa kerja. Semakin lama, semakin besar pula pendapatan yang diperoleh, belum lagi gaji ke 13 yang setiap tahun didapatkan.

  1. Banyak Tunjangan yang Didapat

Mungkin, banyak orang mengira dan bertanya seberapa banyak gaji seorang Pegawai Negeri Sipil. Di sisi lain, mereka akan menganggap bahwa upah PNS tentu juga tidak jauh dari perusahaan swasta lainnya.

Namun, selain mendapat gaji, akan diberikan berbagai tunjangan bagi kehidupannya, seperti THR ataupun pensiunan yang jumlahnyan cukup banyak dibandingkan perusahaan. Bahkan, bisa seumur hidupnya.

  1. Memiliki Image Baik di Masyarakat

Sebagian orang memiliki minset (pandangan) bahwa PNS merupakan sebuah pekerjaan tinggi (mulia). Selain berpakaian rapi, juga tidak melakukan hal berat. Namun, mereka tidak tahu bahwa tanggung jawab yang diemban cukup berat.

Tidak jarang banyak orang tua menginginkan anaknya menjadi seorang PNS. Hal tersebut lantaran mereka ingin keluarganya lebih terpandang dan juga disegani oleh masyarakat. Itulah yang membuat minat CPNS setiap tahun terus meningkat.

  1. Memiliki Kemudahan Jika Ingin Pindah Instansi atau Lokasi

Menariknya lagi, seorang PNS bisa membuat permohonan pindah instansi maupun lokasi sesuai yang diinginkan. Biasanya pada awal penerimaan akan terjadi penetapan lokasi sesuai kebijakan. Namun, harus dengan beberapa pertimbangan dan ketentuan dari instansi terkait.

Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa PNS ketika sudah menempuh pekerjaan sekian tahun, agar mereka tetap bisa dekat dengan keluarga ataupun lebih memilih untuk ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau.

  1. Memiliki Kesempatan untuk Naik Jabatan

Fakta menarik lainnya yaitu di mana mereka bisa mengajukan permohonan kepada atasan agar dapat naik jabatan setingkat lebih tinggi. Dengan begitu, kesejahteraan juga akan mengingkat. Terutama dalam hal gaji.

Untuk menjalankannya, dapat dilakukan dengan mengajukan kesetaraan sekolah yang telah ditempuh. Namun, harus melakukan studi lanjutan ke jenjang yang lebih tinggi.

  1. Terdapat Formasi Khusus Penyandang Disabilitas

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil tidak pernah dibanding-bandingkan. Siapa saja berhak dan bisa berkesempatan untuk memiliki pekerjaan tersebut. Sehingga, mereka yang memiliki kekurangan tetap bisa berkarya dan memiliki pekerjaan layak.

Dengan kata lain, tidak harus memiliki fisik yang sempurna. Bagi penyandang disabilitaspun dapat berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Hal itu dibuktikan dengan adanya formasi khusus disabilitas.

  1. Memiliki Kemudahan untuk Melakukan Pinjaman di Bank

Kemudahan yang lain dalam menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil yaitu diberikan kesempatan untuk  meminjam sejumlah uang di bank dengan mudah dan tanpa harus mengalami kesulitan.

Biasanya mereka meminjam sejumlah uang di bank dengan tujuan, untuk dapat berkesempatan membuka usaha lagi ataupun digunakan hal lain yang sekiranya sangat diperlukan. Namun, untuk pembayaran secara otomatis dipotong melalui gaji bulanannya.

  1. Memiliki Jaminan Kesehatan

Fakta menarik lainnya dari menjadi seorang PNS yaitu, mendapatkan jaminan kesehatan bagi diri sendiri dan juga keluarganya. Hal itu juga termasuk biaya perawatan yang sekiranya sangat penting (mendesak).

Fasilitas yang diberikan juga lebih dari cukup. Apabila salah satu dari keluarga sakit, saat berobat tidak dikenakan biaya apapun. Namun, harus melalui rumah sakit yang menjalin kerja sama dengan pemerintah (baik swasta ataupun negeri).

Itulah fakta-fakta menarik tentang PNS yang perlu diketahui. Tentunya hal tersebut dapat menjadi pertimbangan saat Anda hendak memilih sebuah pekerjaan. Namun, perlu diperhatikan juga untuk proses masuknya cukup sulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *