Ujian Online CPNS 2013

Ujian CAT CPNS – Sudah tau ujian CPNS sistem CAT? Rencananya mulai penerimaan CPNS tahun 2013 khususnya pada penerimaan CPNS Kementrian/ Lembaga (tes CPNS Pusat) yang rencananya akan dibuka bulan Juni nanti ujian CPNS akan menerapkan sistem CAT (Computer Helped Test).

Berbeda jauh dengan sistem ujian CPNS sebelumnya, ujian penerimaan CPNS sistem CAT ini dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer. Tahap awal karena keterbatasan sarana sistem ini baru bisa diterapkan untuk penerimaan CPNS Kementrian/ Lembaga (Penerimaan CPNS Pusat) juga seperti diberitakan sebelumnya CAT CPNS akan diterapkan beberapa daerah provinsi yang bisa dijangkau termasuk penerimaan CPNS 2013 di Provinsi DKI Jakarta.

Dengan metode baru Ujian CAT CPNS ini Pemerintah berencana mengubah skema penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jika sebelumnya penerimaan CPNS hanya dibuka satu tahun sekali, kini ujian penerimaan lowongan CPNS itu disinyalir bisa ada setiap hari tergantung kebutuhan instansi.

“Kami sedang membangun sistem seleksi yang bisa dilakukan setiap hari, bukan setahun sekali itu yang disebut sebagai computer helped test (CAT),” kata Wakil Menteri PAN & RB, Eko Prasojo, hari ini dikutip dari Kontan Via Waspada (25/1).

CAT CPNS adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar smallest kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Mekanismenya, K/L dan pemerintah daerah mengusulkan kebutuhan pegawai sesuai analisa jabatan dan analisa beban kerja.

Setelah ditetapkan formasinya sesuai kekuatan anggaran negara oleh Menteri PAN & RB, K/L dan pemda bersangkutan sudah bisa membuka seleksi CPNS-nya. Jadi setiap pelamar bisa tiap hari ikut tes kompetensi dasar lewat sistem CAT CPNS. Dari situ bisa ketahuan apakah yang bersangkutan layak atau tidak karena dengan metode CAT CPNS hasilnya langsung ketahuan. Pelamar bisa mengantongi sertifikat kompetensi.

“Jadi setiap hari orang bisa melamar tapi setiap tahun cuma 3 kali, jadi kalau saya tidak lulus saya sebulan lagi ikut, sebulan lagi ikut tapi maksimal 3 kali,” ujarnya.

Eko menegaskan sistem ini sudah mulai bisa berjalan pada Juni mendatang untuk seluruh Penerimaan CPNS 2013 Kementrian/ Lembaga. Sedangkan untuk pemda baru berjalan di 12 provinsi. Mengingat masih keterbatasan infrastruktur sistem CAT.


Original source : Ujian Online CPNS 2013