Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya

Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya – Kliping ternyata peminatnya tidak hanya siswa, namun kliping juga disukai dan dilakukan juga oleh mahasiswa dan bahkan para ibu rumah tanggapun juga banyak yang membuat kliping untuk koleksi masakan dan lain lain. Bagaimana dengan Guru ? Guru juga banyak sekali yang suka akan kliping, namun sekarang ini mungkin bapak ibu guru lagi disibukkan dengan aplikasi dapodik terbaru sehingga waktu untuk membuat kliping tidak ada. Apa sih yang membuat kliping disukai, sebenarnya apa sih kliping itu ?

Kliping merupakan kegiatan pengguntingan atau pemotongan bagian-bagian tertentu dari surat kabar, majalah atau sumber yang lain yang dianggap penting kemudian disusun dalam sistem tertentu dalam suatu bidang atau didokumentasikan.

Kliping dibuat dengan cara yang simpel atau mudah. Karena hanya diperlukan gunting, lem dan surat kabar ataupun majalah sebagai referensinya untuk dipasang dan dijadikan sampul. Seiiring perkembangan zaman pembuatan kliping pun bisa dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya

1. Pembuatan kliping dengan menggunting gambar koran ataupun majalah untuk di ambil suatu berita
yang baru, kemudian ditmpel menggunakan lem di kertas hvs dengan mengumpulkan bebrapa berita dan gambar sebanyak2 nya, mungkin di zaman sekarang hal pembuatan kliping seperti ini dianggap ketinggalan dan ribet, tapi sebenarnya inilah pembuatan kliping yang sebenarnya.

2. Pembuatan kliping dengan hasil ketikan komputer, inilah cara yang barrier prkatis bagi seorang siswa pelajar dalam pembuatan kliping ini, tinggal cara di google indonesia, cari gambar dan pengertian yang sesuai dengan judul klipingya saja. Inilah cara yang mudah dalam pembuatan kliping. Tapi apakah diperbolehkan pembuatan kliping seperti ini?? tentunya tanyakan sama bapak ibuguru kalian masing masing, kalau saya sih boleh boleh aja

Inilah cara membuat kliping yang baik dan benar menurut kampus-info yang bisa dijadikan referensi untuk anda semua :

  1. Sebaiknya gunakan kertas dengan ketebalan yang sedang-sedang saja, karena kliping dengan kertas yang terlalu tebal akan terlihat kurang menarik sedangkan penggunaan kertas yang terlalu tipis akan membuat artikel sulit untuk tertempel secara rapi.
  2. Carilah berita atau informasi di koran atau majalah yang disesuaikan dengan tema yang ingin Anda kreasikan. Contohnya tema lingkungan hidup, kewirausahaan, seni budaya, maupun yang lainnya.
  3. Agar tidak merusak artikel, gunakan lem yang cepat kering.
  4. Pilih artikel yang memiliki gambar agar lebih enak dipandang dan lebih baik lagi jika gambarnya berwarna. Jika dalam artikel tidak memiliki gambar, usahakan cari gambar pada artikel lain yang masih relevan dengan artikel yang akan di muat, misalnya artikel mengenai melonjaknya harga-harga komputer di pasaran, kalau gambar komputernya tidak ada, bisa digantikan dengan gambar uang atau gambar-gambar yang masih berkaitan lainnya.
  5. Pilih take in yang selaras dengan artikel-artikel yang dibahas di dalamnya. Take in yang menarik akan membuat pembaca tidak jenuh saat membaca kliping yang telah Anda buat

Bagaimana mudah bukan ? yang penting asal kita mau belajar dan perlu pemahaman pasti kita akan merasa mudah untuk mengerjakannya sesuai kreativitas Anda demi memberikan tulisan kliping yang baik dan tentunya berguna. Silahkan diicoba dirumah setelah membaca ini ya ?


Original source : Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya

Daftar Peserta OSN 2014 SMA yang terpilih ke NTB

Daftar Peserta OSN 2014 SMA yang terpilih ke NTB – Olimpiade Sains Nasional atau sering disebut dengan OSN yang kali ini di tahun 2014 memilih siswa siswi berbakat di bidang SAINS. Untuk Wilayah Jawa Tengah, berdasarkan hasil seleksi OSN 2014 tingkat provinsi, telah terseleksi peserta dari masing masing bidang studi. Untuk melihat peserta peserta yang akan dikirim ke OSN 2014. maka bisa anda download daftarnya di barrier bawah nanti.

OSN 2014 nantinya akan di gelar di Mataram Nusa Tenggara Barat. Jadi peserta yang terpilih nantinya Sekolah mengirimkan peserta dan 2 pendamping untuk mewakili masing masing sekolah anda. Pelaksanaannya akan dilaksanakan pada 1 – 7 September 2014. Tempatnya berdasarkan masing masing bidang studi. Lebih lengkapnya nanti ada di File download terlampir Termasuk syarat syarat yang harus dibawa apa saja.

Selamat ya bagi siswa yang terpilih…Siapa tahu anda ada di daftar ini.

Daftar Peserta OSN 2014 dan Syaratnya [DOWNLOAD]

Incoming search terms:

  • hasil osn sma tingkat provinsi ntb 2015

Original source : Daftar Peserta OSN 2014 SMA yang terpilih ke NTB

Pengertian Hasil Belajar

Pengertian Hasil Belajar – Setiap pembelajaran pasti manginginkan tujuan atau hasil belajarnya. Bapak ibu guru tentunya menginginkan anak didiknya memperoleh hasil belajar yang maksimal dengan berbagai strategi atau cara develop belajar yang diinginkan siswa. Tujuan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru baik di rumah, sekolah atau belajar dimanapun adalah agar dapat memperoleh hasil belajar yang dianggap baik yaitu yang telah memenuhi standar hasil belajar yang telah ditetapkan atau melebihinya sehingga dapat digolongkan menjadi hasil belajar yang baik.

Dalam proses memperoleh hasil belajar yang baik itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat artinya yang sesuai dengan kondisi dan keadaan kehidupan sehari-hari yang akrab dengan kita atau istilahnya kontekstual, sehingga apa yang menjadi hasil belajar dapat terpenuhi dengan jumlah pengukuran hasil belajar di atas standar yang ada, selain metode ada juga yang menggunakan LKS Lembar Kerja Siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun sekarang ini LKS dianggap kurang maksimal dalam proses belajar mengajar siswa. Makanya sekarang ini diganti dengan Modul Guru dan siswa.

Pengertian Hasil Belajar

Setiap proses belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik akan menghasilkan hasil belajar. Di dalam proses pembelajaran, guru sebagai pengajar sekaligus pendidik memegang peranan dan tanggung jawab yang besar dalam rangka membantu meningkatkan keberhasilan peserta didik dipengaruhi oleh kualitas pengajaran dan faktor imprison dari siswa itu sendiri.
Dalam setiap mengikuti proses pembelajaran di sekolah sudah pasti setiap peserta didik mengharapkan mendapatkan hasil belajar yang baik, sebab hasil belajar yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuannya. Hasil belajar yang baik hanya dicapai melalui proses belajar yang baik pula. Jika proses belajar tidak optimal sangat sulit diharapkan terjadinya hasil belajar yang baik.

Menurut Hamalik (2001:159) bahwa hasil belajar menunjukkan kepada prestasi belajar, sedangkan prestasi belajar itu merupakan indikator adanya derajat perubahan tingkah laku siswa.
Menurut Nasution (2006:36) hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak belajar mengajar dan biasanya ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan guru.

Sedangkan menurut Dimyati dan Mudjiono (2002:36) hasil belajar adalah hasil yang ditunjukkan dari suatu interaksi tindak belajar dan biasanya ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan guru.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru setiap selesai memberikan materi pelajaran pada satu pokok bahasan.

Itulah sekilas tentang  uraian hasil belajar yang mungkin bisa anda gunakan sebagai referensi. jika ingin mengetahui tentang pembahasan etnografi dan etnologi juga bisa anda baca di pengertian etnografi dan etnologi. disitu ditulis lengkap agar anda sebisa mungkin memahami pengetian tersebut. kampus-info memang untuk anda semua.


Original source : Pengertian Hasil Belajar

Pengertian Kurikulum 2013 dan Tujuannya

Pengertian Kurikulum 2013 dan Tujuannya – Tahun ajaran baru ini bagi peserta didik baru sudah menggunakan sistem kurikulum 2013. apa yang dimaksud kurikulum 2013 ? dan apa perbedaannya dengan yang selama ini kita pakai dalam kegiatan belajar mengajar ? Bagi mereka yang menggeluti bidang pendidikan, tentu sudah tak asing lagi dengan kata kurikulum. Kurikulum berasal dari bahasa yunani kuno, curir yang artinya pelari dan curere yang berarti tempat pacuan.

Kurikulum merupakan istilah yang diambil dari dunia olahraga masa lalu yang memiliki makna jarak yang harus ditempuh oleh pelari. Setelah ditransfer ke dunia pendidikan, kurikulum berarti sejumlah mata pelajaran yang harus diselesaikan peserta didik.

Pengertian Kurikulum 2013 dan Tujuannya

Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.

Berikut ini adalah kurikulum Menurut beberapa para ahli yang kampus info rangkum dalam catatan disini.

1. Ronald C Doll mengatakan kurikulum sekolah adalah isi dan proses genteel maupun nonformal yang mengantarkan peserta didik memperoleh pengetahuan dan pemahaman. Selain itu, peserta didik mengalami perkembangan keterampilan, perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah lembaga pendidikan.

2. J Galen, William M Alexandre, dan Arthur J Lewis menyimpulkan, kurikulum merupakan perencanaan untuk memperbaiki seperangkat pembelajaran agar seseorang menjadi lebih terdidik.

3. Danniel Tanner mengatakan, kurikulum merupakan rekontruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang dikembangkan sekolah atau perguruan tinggi. Tujuannya, peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya.

Jadi dari ketiga pakar tersebut kita bisa simpulkan bahwa kurikulum adalah kumpulan pelajaran yang diberikan kepada peserta didik secara teoretis maupun praktik selama mengikuti suatu proses pendidikan. Di sini, kurikulum lebih bersifat pragmatis karena hanya menyediakan bekal pengetahuan dan keterampilan agar peserta didik dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya

Arti lain kurikulum ialah semua pengalaman yang diberikan lembaga pendidikan kepada peserta didik. Hal ini mencakup teknis yang diatur dalam lingkungan pendidikan, yang dinilai mendukung kelulusan peserta didik secara optimal. Contohnya, pakaian seragam, penyediaan laboratorium, hingga penerapan penghargaan dan sanksi.

Jadi tujuan kurikulum 2013 adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Mungkin itu yang perlu diketahui pembaca jika sedang mencari cari informasi tentang kurikulum 2013. 


Original source : Pengertian Kurikulum 2013 dan Tujuannya

Kurikulum 2013 Tidak Menggunakan LKS Lagi

Kurikulum 2013 Tidak Menggunakan LKS Lagi – Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang akan dipakai dalam proses pembelajaran siswa mulai tahun ini. Setelah sudah di uji coba di beberapa sekoah di tiap tiap kabupaten seluruh indonesia. Namun ada yang baru disini. Selain buku pembelajarannya juga baru, untuk kurikulum 2013 nanti LKS sudah tidak dipakai lagi. Melainkan MODUL Siswa. Ada pro kontra dibalik pembuatan LKS ini. Karena ada juga yang beranggapan bahwa LKS membuat para siswa menjadi malas menulis. Dan guru juga banyak yang mengajar dengan menggunakan LKS di buku ajarnya. Hal inilah yang mengakibatkan PRO KONTRA dalam pengadaan LKS.

Bagi sekolah sekolah yang fasilitas lengkap termasuk internet, maka bisa mengatasi dengan membuat LKS Online. Namun bagi sekolah sekolah terpencil hal ini belum bisa mengatasinya. Misalnya di Depok. Pemerintah kota depok sudah mengantisipasi tidak adanya LKS dengan membuat LKS Online.

Harapan kami, baik ada LKS atau tidak yang penting Kegian proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar. Dan Prestasi siswa tentunya meningkat. Dengan Adanya Modul Siswa harapannya tidak hanya sebagai buku pegangan saja, tetapi juga membaca menulis dan mengerjakan juga harus ditingkatkan. Apa daya jika semua buku diganti yang baru namun tidak dibaca sama sekali.

Semoga Dengan adanya Kurikulum baru ini pendidikan di Indonesia semakin maju dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Bapak Ibu guru yang setuju atau tidak bisa berkomentar dibawah ini dengan etika yang baik…Semoga diskusi antar komentar juga bisa membantu mengatasi ketiadaan LKS ini, Terimakasih.


Original source : Kurikulum 2013 Tidak Menggunakan LKS Lagi

Yang Harus Dilakukan Ketika Lulus UN.

Yang Harus Dilakukan Ketika Lulus UN.

 Sekarang kan tanggal 21 mei 2014 pasti anda para anak smk/sma sederajat Ada yang senang dan ada yang sedih karna tidak lulus UN, namun marilah kita Clear Thought semoga semua yang membaca artikel ini lulus 100% Aminnnn, namun rata rata anak sma sederajat bingung, apa yang harus dilakukan nanti ketika sudah lulus? , beruntung untuk anda yang sudah di kontrak yang belummm??.

 So marilah kita duduk sejenak dalam keheningan sambil berpikir dan membaca artikel ini dari awal sampai akhir, tentunya harus ada teh dan makanan ringan dong didepan anda biar tambah membahana, hehe. oke cekidot mamen.

 1. Mencari Peluang Membuka Usaha Sendiri.
 Nih buat anda yang sudah lulus namun hanya “Mlongo” di rumah, pasti anda punya bakat atau keahlian dong selama anda sekolah, nah maka dari itu cobalah buat Keahlian itu menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, contohnya teman saya, dia mendapatkan omzet sampai 45jt per bulan hanya gara gara toples modifikasi buatannya, nah yang terpenting disini hanyalah KEMAUAN, jika ada KEMAUAN pasti semua hal yang anda kerjakan akan sukses selama hal itu clear, setelah ini anda pasti bertanya tentang MODALNYA? , Nah anda kan punya Cleverness dan kemampuan, dan Cleverness itu lah Modalnya, coba sekarang anda duduklah di tempat yang sepi dan hening sambil memikirkan nya.

 2. Ikut Dan Akuisisi.
 Nah ini khususnya buat anda nih yang kerjanya “ikut paman” (cara bodone), coba sekarang anda berfikir, apakah anda selamanya akan ikut paman anda atau saudara anda?, Mulai sekarang cobalah anda untuk lebih banyak gagal dan simpanlah jurus untuk memperbaiki kegagalan itu untuk kedepan nanti, dengan itu maka anda akan lebih mantab dalam bekerja.
 Sedangkan untuk akuisisi, ketika anda sudah sukses nanti cobalah untuk mengakuisisi perusahaan milik paman anda yang dulu, sehingga keadaan nantinya akan menjadi terbalik dan anda akan lebih mantab dalam menjalankan perusahaan itu.

 3. Merantau.
 Pasti para anak sma sederajat yang baru lulus pikiran pertamanya ketika sudah lulus adalah merantau, Kok Bisa?, Sudah kebaca kaliiii, Merantau disebabkan karna kurang nya Lowongan Pekerjaan didaerah si perantau sehingga menyebabkan Perantau itu merantau, dan pasti Tujuan nya adalah, Kalau tidak Jakarta Ya Sulawesi, namun pertanyaan nya disini adalah, jika anda ingin merantau, apakah tempat dan jenis pekerjaan nya jelas???, jangan sampai deh anda kena tipu seperti kasus baru baru ini. .
Dan saya sarankan jika anda ingin merantau pilihlan tempat dimana ada atau dekat dengan Rekan atau saudara, supaya nanti jika ada masalah anda akan lebih mudah dalam mengatasinya.

 4. Menyesuaikan Diri dengan Kondisi Kerja.
 Biasanya anak sma masih “malu malu” ketika masih baru banget masuk kantor, nah saya punya solusinya, bacalah baik baik, Cobalah Anda Bayangkan Kondisi Kantor Sama Dengan Kondisi Pada Saat Anda Ada Di Kelas. bayangkanlah orang kantor sebagai siswa yang lain, dan seterusnya deh.. pasti kalo ada niat lama lama akan mudah berbaur.

 5. Incisive Dan Incisive.
 Jika anda memang Blas nggak mempunyai pekerjaan ketika lulus sma sederajat, cobalah untuk melakukan Incisive pekerjaan seperti di daftar lowongan kerja marketing 2014 dan jika anda sudah sangat, sangat, dan sangat yakin maka cobalah untuk menghubungi atau mengirim lamaran dan jika memang diterima maka anda harus berterima kasih sama penulis artikel ini, haha.

 Nah Sekian artikel tentang hal yang harus dilakukan Setelah kelulusan, jika anda belum mengetahui apakah sanak saudara anda lulus atau tidak, silahkan baca Hasil Ujian Nasional SMA 2013/2014.
Terimakasih
 Semoga sukses nya.. terutama buat yang ingin merantau..


Original source : Yang Harus Dilakukan Ketika Lulus UN.

Sikapi Kegagalan SNMPTN Secara Dewasa Dan Bijak

Sikapi Kegagalan SNMPTN Secara Dewasa Dan BijakBagi para pelajar SMA yang dinyatakan telah LULUS Ujian Nasional dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, maka akan menghadapi  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. Dalam seleksi ini, terhitung ribuan calon mahasiswa memperebutkan kursi perguruan tinggi dengan sangat ketat. Persaingan ini membutuhkan ketepatan menjawab soal serta kecepatan waktu dalam menjawab soal. Persiapan yang matang dan pertimbangan jurusan harus benar-benar mantap.

Kenyataanya nggak sedikit calon mahasiswa yang gagal dalam seleksi ini. Sebagian yang nggak diterima lewat jalur SNMPTN, bersaing lagi di jalur mandiri. Nggak sedikit pula yang gagal pada seleksi mandiri, sehingga sebagian ada yang memilih perguruan tinggi swasta, ada yang memilih untuk menunggu SNMPTN tahun depan, dan adapula yang memutuskan untuk nggak jadi melanjutkan.

Sikapi Kegagalan SNMPTN Secara Dewasa Dan Bijak

Kegagalan dalam seleksi mahasiswa ini, untuk sebagian calon mahasiswa merupukan sebuah masalah yang memberatkan di kepala karena kuliahnya terpaksa harus tertunda. Tapi cobalah buka mata, kuliah tertunda bukanlah sebuah halangan! INGAT, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, dan terkadang orang yang gagal bisa meraih kesuksesan lebih dari orang lain dengan catatan mau terus berusaha dan berdo’a.
Jika kamu mengalami kegagalan terbebut, mungkin kamu akan iri dengan teman kamu yang mungkin pretasinya biasa-biasa saja namun lolos seleksi SNMPTN. STOP rasa iri tersebut, karena rasa iri tersebut hanya akan menyiksa dan menyempitkan pemikiran kamu. sekarang yang harus kamu lakukan adalah :

1. Jangan pernah menyesali hal yang sudah terjadi, karena pada dasarnya Tuhan lebih tahu apa yang terbaik untuk kita! INGAT, jangan pernah menganggap Tuhan nggak adil, karena ini hanya kan membuat murkaNya. Teruskan munajat anda, dan yakinlah di depan sana ada sesuatu hal luar biasa yang nggak terduga kamu sebelumnya.

2. Jangan terlalu lama terpaku dalam kesedihan. Kegagalan memang menyakitkan, namun jika nggak menyakitkan kapankah kita bisa bersikap dewasa dan bijaksana ? terkadang kehidupanlah yang mengehempaskan kita, namun karena itulah kita menjadi seorang yang kebih baik.

3. Jangan pernah GENGSI untuk bekerja! Kenapa? Bukankah bekerja itu  tujuan akhir kita kuliah? bedanya kalau kita kuliah, kita berharap bekerja dengan gaji dan posisi yang lebih baik. Tapi bukankah jika kita memanjat pohon dari bawah? dan dengan susah payah kita menggapai buah di atas? seperti itu kira-kira gambaranya.

4. Kursus lebih baik atau ikut bimbingan belajar selama masa penungguan. Jangan pernah setengah-setengah dalam menempuh sesuatu jika kamu nggak ingin gagal kembali.

5. Untuk menghadapi SNMPTN tahun depan, sisihkan waktu untuk kamu belajar soal-soal SNMPTN. Jangan biarkan kamu terjatuh pada lubang yang sama. Meskipun telah dinyatakan lulus sebagai pelajar, sebisa mungkin tetap peliharalah kebiasaan belajar semasa sekolah, untuk mempersiapkan anda lebih matang dalam SNMPTN.

6. PILIHLAH JURUSAN YANG KAMU MINATI DENGAN YAKIN, pertimbangkan, bakat, minat dan lapangan pekerjaan. INGAT, jangan pernah plin-plot dengan pilihan kamu, hal ini hanya akan membuat kamu menyesal di kemudian hari.
Kawan! Kehidupan setelah sekolah memang sangat berat. yah benar! Tapi disinilah kita akan dipaksa untuk menjadi dewasa, berhentilah untuk bersikap seperti anak kecil karena kita telah di tuntut untuk bisa berdiri dengan kaki kita sendiri. Selalu berusaha, sabar, tawakal, dan YAKIN apapun usaha yang telah kita lakukan nggak akan pernah sia-sia karena Tuhan akan membayar semua usaha kita. Mungkin bukah HARI INI, mungkin BESOK, besoknya lagi, atau saat kita telah melupakannya, sadarilah bahwa semua akan indah pada waktunya


Original source : Sikapi Kegagalan SNMPTN Secara Dewasa Dan Bijak

Belajar Di Pagi Hari Banyak Manfaatnya Untuk Pelajar

Belajar Di Pagi Hari Banyak Manfaatnya Untuk PelajarKepala Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pancasila 1 Wonogiri, BP. Joko, menyarankan pelajar bangun pada waktu subuh untuk mengulang pelajaran, sebab subuh memiliki banyak manfaat.
“Waktu subuh merupakan saat yang efektif untuk mengulang pelajaran, karena waktu itu pemikiran belum dipengaruhi oleh sesuatu yang dapat menyebabkan daya tangkap otak berkurang,” kata Prima, Selasa.

Ia menambahkan, saat bangun subuh daya tangkap otak sangat baik utuk mengingat, sehingga saat seperti itu pelajar bisa memanfaatkannya untuk mengulang pelajaran.

Saran tersebut juga disampaikanya bagi pelajar yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN) di sekolah yang dipimpinnya, sebab berdasarkan pengalaman yang diterapkanya di sekolah tersebut pada UN tahun 2011, setelah anak didiknya menerapkan hal itu dapat lulus 100 persen.

Bagi pelajar yang akan mengikuti UN tahun 2012 ini, kepala sekolah tersebut juga menyarankan agar selain mengulang pelajaran pada saat subuh, diikuti dengan membahas soal-soal UN yang ada dalam lima tahun terakhir, untuk meningkatkan kemampuan pemahaman terhadap soal.


 
Belajar Di Pagi Hari Banyak Manfaatnya Untuk Pelajar



Untuk SMK II Kota Padang sendiri, kepala sekolah tersebut menargetkan 214 orang anak didiknya bisa lulus 100 persen dengan belajar lebih giat dari sekarang, dan menerapkan pola pembelajaran yang telah dilakukan pelajar lain pada tahun sebelumnya.

Sehubungan dengan itu, selain mengulang pelajaran dan membahas soal, dia juga mengimbau agar anak didik dapat melaksanakan Shalat Tahajjud, yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan pengontrol emosional dalam kehidupan sehari-hari, serta menekan prilaku kekerasan di kalangan remaja yang disebabkan faktor kurangnya pengontrolan emosi pada rentang usia tersebut.

“Kita berharap hal itu dapat diterapkan oleh semua pelajar yang ada di Kota Padang, tidak hanya di sekolah ini, sebab banyak manfaatnya bagi meraka,” jelasnya.

Prima menambahkan, untuk itu peran orangtua yang bertanggung jawab mengawasi anak di rumah diharapkan dapat mendukung hal tersebut.

“Tentunya yang barrier berpengaruh untuk dapat mendorong pelajar melakukan hal tersebut adalah orangtua di rumah, dan kita berharap setiap orangtua dapat mengingatkan anaknya untuk bangun saat subuh, untuk beribadah, belajar, dan meningkatkan ilmu pengetahuan,” tegasnya.

Dengan penerapan bangun teratur di saat subuh kepala sekolah tersebut yakin, pelajar tidak akan merasa cemas dalam menghadapi UN, sebab telah terlatih dan paham apa yang harus dilakukannya.


Original source : Belajar Di Pagi Hari Banyak Manfaatnya Untuk Pelajar

Info Pendaftaran ACG International School Jakarta

Info Pendaftaran ACG Global School Jakarta – Berikut ini kampus info akan memberikan informasi tentang pendaftaran di ACG Global School Jakarta. Mumpung sekolah ini lagi naik daun di keyword ya saya sort-out sekalian aja tentang prosedur pendaftarannya. Bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya di sekolah ini alangkah baiknya untuk membaca prosedur dibawah ini, yang mungkin sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan bapak ibu sekeluarga. langsung saja berikut prosedur mendaftar di ACG Global School Jakarta.

Info Pendaftaran ACG Global School Jakarta

A. Kunjungan Informasi
ACG akan berusaha menyambut dengan hangat para calon siswa dan keluarga yang berencana untuk mengunjungi Sekolah dan mempelajari lebih lanjut tentang program-program yang ditawarkan ACG Global School Jakarta.

B. Prosedur Permohonan

  • Serahkan Formulir Permohonan masuk ACG Global School yang telah dilengkapi dan ditandatangani.
  • Biaya Pendaftaran yang tidak dapat dikembalikan sebesar US$150
  • Lampirkan laporan-laporan sekolah Anda yang terakhir.
  • Lampirkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan seperti Kitas
  • Serahkan Formulir Penerimaan Pendaftaran Anda
  • Conveying semua biaya yang dipersyaratkan
  • Serahkan permohonan mata pelajaran (apabila sesuai – hanya untuk sekolah menengah atas)
  • Lengkapi Formulir Kesehatan

C. Butir-butir Penilaian – apabila dipersyaratkan

  • Usia.
  • Tanggal Laporan Sekolah Terakhir
  • Kemampuan Bahasa Inggris – apabila dipersyaratkan
  • Penilaian Tingkat Pembelajaran
  • Kelengkapan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan

D. Daftar Periksa Permohonan

  • Formulir Permohonan telah diisi.
  • Biaya Permohonan US$150
  • Riwayat kesehatan siswa telah diisi
  • Salinan surat keterangan kelahiran atau paspor siswa
  • Salinan KIMS siswa
  • Salinan KITAS/KIMS orang tua
  • 2 pasfoto ukuran paspor
  • Salinan catatan akademis dari sekolah sebelumnya
  • Salinan paspor orang tua
  • Hasil ujian bahasa Inggris yang diambil

Informasi Bukti Medis yang dipersyaratkan untuk memastikan bahwa semua vaksinasi yang ditunjuk adalah yang terbaru.

Orang tua diharapkan untuk dengan jujur menginformasikan kepada Kepala Sekolah tentang setiap masalah-masalah perilaku anak sebelumnya, kesulitan-kesulitan pembelajaran atau masalah-masalah medis yang sehubunganmisi dengan siswa yang dapat mempengaruhi Pendaftaran mereka dan potensi pembelajaran di masa datang.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi ACG Global School Jakarta pada no +62 21 780 5636 atau acgjkt@acgedu.com


Original source : Info Pendaftaran ACG International School Jakarta

Cara Mutasi PTK di Siap Padamu Negeri

Cara Mutasi PTK di Siap Padamu Negeri – Tahun ajaran baru nanti mungkin dari sekian banyak bapak ibu guru atau PTK yang mengajar di sekolah pasti ada juga yang mengalami pindah sekolah. Akan tetapi prosesnya tidak hanya sekedar pindah sekolah saja. Bagaimana dengan data di padamu negeri ? Nah mumpung lagi gak ada kerjaan mendingan menulis postingan cara mutasi PTK di Siap Padamu Negeri. Memang mutasi atau pindah sekolah induk ini merupakan salah satu fitur terbaru yang dirilis oleh Padamu Negeri sebagai kelanjutan dan Verval dan registrasi NUPTK dan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

Dengan fitur ini, setiap PTK dapat melakukan mutasi atau perpindahan sekolah induk baik dalam satu kabupaten, lain kabupaten, antar naungan Kemenag dan Kemdiknas, hingga mutasi dari staf menjadi guru bahkan pengawas.

Sebelumnya perlu dipahami pengertian mutasi yang dimaksud dalam sistem Padamu Negeri ini. Mutasi adalah pindahnya PTK yang telah menyelesaikan proses verval hingga berbintang empat dari satu sekolah induk ke sekolah lainnya. Mutasi mencakup juga perubahan jabatan dari staf menjadi guru atau dari guru menjadi pengawas atau sebaliknya.

Cara Mutasi PTK di Siap Padamu Negeri

Berikut ini perlu anda ketahui bahwa terdapat delapan jenis mutasi yang terdiri atas:

  1. Mutasi antar sekolah dalam satu kabupaten/kota
  2. Mutasi antar sekolah berbeda kabupaten/kota atau berbeda Provinsi
  3. Mutasi antar sekolah Naungan kemdikbud ke naungan kemenag
  4. Mutasi PTK sekolah Kemdikbud ke Sekolah Naungan Kemenag
  5. Mutasi dari guru menjadi pengawas atau sebaliknya
  6. Mutasi dari Staf menjadi guru atau sebaliknya.
  7. Sekolah berubah naungan dari Kemenag menjadi kemdikbud.
  8. Sekolah berubah reputation dari swasta menjadi Negeri di bawah naungan Kemdikbud.
 Surat Ajuan Mutasi SM01


Cara dan Prosedur Mutasi PTK
Mekanisme dan prosedur mutasi atau pindah sekolah induk bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah sebagai berikut:

  1. PTK mencetak form mutasi (Surat SM01) melalui login PTK di sistem Padamu Negeri
  2. PTK menyerahkan SM01 ke machinist (admin) dinas Kabupaten/kota asal dengan dilengkapi SK Penempatan Sekolah Tujuan asli (untuk ditunjukkan ke machinist) dan foto copy (sebagai arsip machinist).
  3. Admin kabupaten/kota memproses pengajuan mutasi dan mengeluarkan formulir mutasi yang berisi nomor tiket mutasi yang ditandatangani pejabat di dinas kab/kota tersebut.
  4. PTK menyerahkan formulir tersebut ke dinas kab/kota tujuan.
  5. Admin (machinist) Kabupaten/kota memproses dokumen yang diterima dan menempatkan PTK ke Sekolah Induk tujuan.
  6. Admin Kabupaten/Kota mengeluarkan formulir bukti transaksi mutasi ke PTK
  7. PTK menyerahkan formulir persetujuan mutasi ke Machinist sekolah tujuan setelah ditandatangani kepala sekolah Tujuan.
  8. Machinist sekolah mengeluarkan bukti transaksi mutasi untuk diserahkan ke PTK.

Persyaratan Mutasi Sekolah Induk PTK
Selain mencetak Surat SM01, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dengan NUPTK atau PegID yang hendak melakukan mutasi pun harus menyertakan SK Penempatan PTK di instansi baru atau instansi tujuan. SK asli ditunjukkan ke admin kabupaten/kota dan foto copynya ditinggal sebagai arsip bagi admin kabupaten/kota.

Itu saja beberapa cara melakukan mutasi PTK di padamu negeri. Bagi bapak ibu guru yang kebetulan pindah sekolah tidak ada salahnya membaca artikel ini. Terimakasih. 


Original source : Cara Mutasi PTK di Siap Padamu Negeri