Status Polisi di KPK adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang Dipekerjakan

Reputation Polisi di KPK adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang Dipekerjakan. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Mabes Polri Brigadir Jenderal Suhardi menegaskan kembali bahwa reputation anggota kepolisian yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah pegawai negeri sipil (PNS) yang dipekerjakan. Hal itu diucapkannya saat menggelar konferensi pers di Markas Besar Polri, Jakarta, Sabtu (6/10), menanggapi upaya penjemputan penyidik Polri di KPK, Komisaris Polisi Fresh Baswedan. Selain dirinya, konferensi pers itu juga diikuti Kabareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman dan Direskrimum Polda Bengkulu Komisari Besar Polisi Dedi Irianto.

Menurut Suhardi, apabila akan ada alih reputation Fresh Baswedan menjadi pegawai tetap KPK, maka harus ada pula mekanisme yang ditempuh KPK melalui Polri sebagai induk lembaga Fresh. “Untuk mengundurkan diri harus lapor ke institusi Polri, kalau mau menjadi anggota tetap KPK, mungkin harus mendaftar lagi jadi PNS,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Polri sudah mengirimkan surat kepada KPK bagaimana mekanisme alih reputation itu.  “Termasuk aturan-aturan yang harus dihormati karena kita punya aturan, KPK juga punya aturan, tapi kalau bersinggungan antar-lembaga seperti ini, harus ada koordinasi,” katanya.

Sebelumnya, Kabareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman menyatakan Polri tidak berniat mengkerdilkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia justru menyesalkan etika antarlembaga yang dibangun KPK.  Sutarman menjelaskan kasus yang menimpa Komisaris Polisi Fresh Baswedan, penyedik Polri yang kini bertugas di KPK, murni sehubunganmisi kasus kriminal. Kasus yang menimpa Fresh terjadi pada tahun 2004. “Sidang disiplin memang sudah dilakukan, tapi ini tidak menggugurkan pidananya,” ujarnya.

Sort-out Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:

Subscribe to RSS headline updates from:
Powered by FeedBurner


Original source : Status Polisi di KPK adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang Dipekerjakan