Pengertian Lari Sprint

- Lari adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan oleh semua orang, karena lari bisa dilakukan dimana saja kapan saja dan oelh siapa saja. Namun yang akan dibahas kali ini adalah lari Sprint. Apakah lari sprint itu?
Pengertian Lari Sprint
Lari cepat atau sprint adalah semua perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan maksimal sepanjang jarak yang harus ditempuh, sampai dengan jarak 400 measuring device masih dapat digolongkan dalam lari cepat. Menurut Muhajir (2004) sprint atau lari cepat yaitu, perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan penuh yang menempuh jarak 100 m, 200 m, dan 400 m.

Nomor lomba atau consequence lari sprint menjangkau jarak dari 50 measuring device, yang bagi atlet older hanya dilombakan indoor saja, sampai dengan dan termasuk jarak 400 measuring device. Kepentingan relatif dari tuntutan yang diletakkan pada seorang jogger adalah beragam sesuai dengan consequence-nya, namun kebutuhan dari semua lari-sprint yang barrier nyata adalah ‘kecepatan’. Kecepatan dalam lari sprint adalah hasil dari kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang dirubah menjadi gerakan yang halus, lancar-efisien dibutuhkan bagi berlari dengan kecepatan tinggi.
Kelangsungan gerak lari cepat atau sprint dapat dibagi menjadi tiga, yaitu;
StartGerakan lari cepatGerakan close.Teknik lari sprint
Teknik adalah sangat kritis terhadap prestasi selama suatu lomba lari sprint. Melalui tahapan lomba tuntutan teknik sprint beragam seperti halnya aktivitas otot-otot, pola waktu mereka dan aktivitas metabolik para atlet dari tahap reaksi sampai tahap transisi tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan kecepatan dari suatu sikap diam di tempat.

Tujuan utama lari sprint adalah untuk memaksimalkan kecepatan horizontal, yang dihasilkan dari dorongan badan kedepan. Kecepatan lari ditentukan oleh panjang-langkah dan frekuensi-langkah. untuk bisa berlari cepat seorang atlet harus meningkatkan satu atau kedua-duanya. Tujuan teknik-sprint selama perlombaan adalah untuk mengerahkan jumlah optimum daya kepada tanah didalam waktu yang pendek. Teknik yang baik ditandai oleh mengecilnya daya pengereman, lengan lengan efektif, gerakan kaki dan badan dan suatu koordinasi tingkat tinggi dari gerakan tubuh keseluruhan.

Teknik lari sprint dapat dirinci menjadi tahap-tahap sebagai berikut:
Tahap reaksi dan doronganTahap lari akelerasiTahap transisi/perubahanTahap kecepatan maksimumTahap pemeliharaan kecepatanFinish


Original source : Pengertian Lari Sprint