Pengertian Karya Tulis dan Karya Ilmiah

- Ketika masih SMA atau SMK seringkali kita mendapatkan tugas untuk syarat mengikuti Ujian Nasional yaitu untuk membuat Karya Tulis. Nah Karya Tulis inilah yang nantinya kita akan mendapatkan lisensi untuk bisa mengikuti ujian atau tidak. Kampus-info akan memberikan pengertian mengenai sedikit tentang Karya Tulis

Pengertian Karya Tulis dan Karya IlmiahKarya Tulis
Karya tulis mempunyai banyak ragam tergantung dari tujuan, manfaat, sumber penulisan, dan aspek-aspek lainnya. Berdasarkan sumbernya, secara umum karya tulis dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu karya fiksi (tidak ilmiah) dan non fiksi (ilmiah). Karya fiksi merupakan karya tulis yang sumbernya semata-mata imajinasi, fantasi, atau rekaan dari si penulis. Tujuan orang menulis fiksi biasanya untuk menghibur atau bisa jadi untuk mengungkapkan isi hati penulis. Karya sastra merefleksikan situasi masyarakat tertentu. Contoh dari karya tulis jenis ini adalah karya sastra: fresh, cerpen, puisi, dan lain-lain.

Karya Ilmiah

Karya ilmiah (methodical document) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan tertentu. Jenis-jenis karya ilmiah antara lain: karangan ilmiah, laporan penelitian, makalah atau document, artikel, dan lain-lain. Barangkali anda sering mendapat tugas dari guru untuk membuat karangan, makalah, atau document sewaktu menempuh pelajaran tertentu. Ini artinya anda sudah pernah membuat karya ilmiah.


Original source : Pengertian Karya Tulis dan Karya Ilmiah