penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekarang dengan Sistem komputerisasi

Sahabat pembaca setia info CPNS tahun 2013 yang berbahagia, tahukah anda bahwa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sekarang ini direncanakan dengan sistem komputerisasi dan ditangani oleh konsorsium. Menpan sudah memilih 10 perguruan tinggi.Berikut ini berita selengkapnya yang bersumber dari Harian Equator

Penerimaan CPNS Diambil Alih Menpan

Kalbar Mengajukan 250 Posisi

Pontianak – Mulai 2013 ini, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diambil alih oleh Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Menpan). Pasalnya, banyak conundrum, karut-marut, hingga kebocoran hard.
“Sekarang sistemnya dengan komputerisasi dan ditangani oleh konsorsium. Menpan sudah memilih 10 perguruan tinggi. Semuanya terbuka dan tidak ada peluang untuk bocor,” kata Robertus Isdius, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalbar, kepada Rakyat Kalbar, Senin (18/3).
Sebelumnya, tes penerimaan CPNS dilakukan oleh masing-masing pemkab/pemkot/pemprov bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang sudah dipilih. Kata Robertus, dulu pemda bisa menentukan kerja sama dengan universitas mana. Tetapi sekarang ditangani konsorsium perguruan tinggi.
Dia membantah keras kalau penerimaan CPNS sebagai ajang mengambil keuntungan oleh aparatur pemerintah. “Saya pikir itu anggapan orang zaman dulu. Sekarang, semua mekanisme penerimaan diperbaiki. Semuanya di bawah Menpan dan daerah hanya memfasilitasi,” jelasnya.
Saat ini BKD Kalbar tengah menunggu pemberitahuan dari Menpan berapa formasi yang akan diterima. “Pembahasan formasi sampai sekarang masih belum ada pemberitahuan dari Menpan. Yang jelas kita sudah mengajukan smallest 250 formasi. Jumlah tersebut untuk mengisi kekosongan pegawai yang pensiun dari 2011-2013 yang mencapai 600 orang,” katanya.
Formasi yang dibutuhkan seperti sektor pendidikan dan kesehatan pasti ada. “Hanya saja untuk pendidikan dalam hal ini kebutuhan guru, diajukan langsung oleh pemerintah kabupaten/kota ke Menpan. Semua pengajuan formasi sudah masuk ke Menpan,” paparnya.
Robertus menambahkan, penerimaan pegawai di Kalbar formasinya merata sesuai dengan kebutuhan. Dari pengalaman sebelumnya, tidak semua formasi yang diajukan ke Menpan disetujui.
“Kalau diajukan 500 belum tentu semuanya disetujui. Nanti berapa yang disetujui baru kita lakukan tes,” ujarnya.
Reporter: Kiki Supardi, Editor: Mohamad iQbaL

Sambil menunggu  perkembangan kabar penerimaan CPNS Tahun 2013 selanjutnya, ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TKD dan TKB mulai dari sekarang. Anda harus mempersiapkan diri agar dapat lolos dari seleksi ambang batas nilai yang merupakan kunci sukses lolos CPNS jalur umum dan honorer tahun 2013. Kabarnya untuk tes seleksi umum mulai tahun ini pemerintah akan menggunakan metode baru berupa Computer Assissted Test (CAT). Sesuai  Inpres No. 1/2013,Presiden juga memerintahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama-sama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Seleksi CPNS/PNS dengan menggunakan Computer Helped Test (CAT).Pada tahap awal tahun 2013 ini, Presiden memerintahkan BKN untuk bisa menerapkan rekrutmen berbasis CAT untuk 18 instansi pemerintah.

Nah, untuk anda yang belum terbiasa dengan komputer dan ingin menjadi CPNS, mungkin ada baiknya anda mempersiapkan diri mulai sekarang. Bagi yang sudah terbiasa mengikuti ujian dengan komputer mungkin ujian seperti diatas dengan menggunakan CAT bukan suatu masalah yang serius, namun untuk yang belum terbiasa dengan komputer ada baiknya anda membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan pada komputer. Salahsatu alternatif yang bisa anda coba adalah software yang dapat anda download dari LATIHANSOAL. Ujian dengan menggunakan CAT ini kabarnya akan mulai diselenggarakan setelah disahkannya Rancangan undang-undang Aparatur Sipil Negara. CAT merupakan salah satu Quick Wins (layanan unggulan) BKN yang terbukti mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap instrumen tes kepegawaian  secara transparan, obyektif, cepat, dan dapat dipercaya.


Keunggulan software ini dibanding ebook pdf  adalah dapat digunakan tanpa internet / offline, dapat di bring up to date, ada waktu pengerjaaan, interaktif, ada nilai notch latihan, dapat mereview kembali hasil latihan, otomatis dapat tahu kunci jawaban setelah menjawab, dapat mengacak soal (sehingga anda dapat mengulang kembali), dapat mengacak jawaban (sehingga anda dapat mengulang kembali). Software ini dapat juga dijalankan di perangkat ipad dan apparatus.


Demikian, semoga bermanfaat.


Incoming search terms:

  • pengumuman hasil tes cpns satuan pol pp di kalbar

Original source : penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekarang dengan Sistem komputerisasi