Pemerintah Tetap Berharap Tes CPNS Serentak

JAKARTA – Pemerintah merancang trobosan baru dengan melaksanakan tes CPNS baru secara serentak pada 8 September nanti. Namun pada kenyataannya, beberapa instansi yang mendapatkan kuota CPNS baru tidak kompak dalam menetapkan tanggal pelaksanaan tes.

Kepala Biro Humas dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Widiyanto di Jakarta kemarin (29/7) mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan data tentang rencana pelaksanaan tes CPNS baru dari seluruh instansi. “Kebetulan dalam urusan CPNS ini, BKN kebagian tugas untuk menetapkan petunjuk teknis,” katanya.

Petunjuk tenis yang disusun BKN ini diantaranya soal hari H pelaksanaan tes CPNS baru. Aris mengatakan, pemerintah pusat tetap mengidamkan pelaksanaan tes CPNS dijalankan serentak. Dia mengaku belum bisa mengatakan teknis pengaturan penjadwalan tes ini, karena draf petunjuk tenis pengadaan CPNS baru masih digodok.

“Insyallah akhir pekan depan sudah ada perkembangan pembentukan juknis (petunjuk tenis, red) itu,” kata dia. Dia enuturkan tujuan utama untuk menggelar CPNS secara serentak adalah untuk penghematan dan akuntabilitas.

Jika tes CPNS baru dijalankan berbeda-beda, pemerintah harus mengadakan soal ujian yang beragam jenisnya. Dengan pelaksanaan tes CPNS yang serentak, praktek kebocoran soal juga bisa ditekan. Selain itu pelaksanaan tes CPSN yang bereda-beda harinya juga bisa menyedot anggaran besar untuk panitia pelaksanaan tes.

Dari pantauan di seluruh Instansi pusat maupun daerah yang mendapatkan alokasi CPNS baru memang sudah melansir jadwal ujian tes akan digelar pada 8 September nanti. Tetapi masih banyak instansi lainnya yang masih belum melansir jadwal tersebut.

Selain itu, ada instansi yang sudah terang-terangnya menggelar ujian tes CPNS belakangan. Diantaranya di Pemkot Surabaya. Dari informasi yang dilansir Humas Pemkot Surabaya menyebutkan, pendaftaran CPNS baru di kota pahlawan itu baru dibuka Oktober nanti.

Sementara itu di Instansi pusat seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenag) dan Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengumumkan akan merekrut CPNS baru. Tetapi tidak disertai dengan jadwal pelaksanaan tes tulisnya. Sedangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menetapkan jika ujian CPNS di instansi mereka dilaksanakan pada 8 September. (wan)


Original source : Pemerintah Tetap Berharap Tes CPNS Serentak