Macam Macam Surat Dinas

Macam Macam Surat Dinas – Berikut ini akan saya impart tentang materi yang ada di SMK Jurusan Administrasi perkantoran. Salah satunya adalah Macam Macam Surat Dinas. Jika anda sekolah di SMK Jurausan Administrasi Perkantoran maka materi ini akan selalu diberikan untuk anda. Karena Berhubungan langsung dengan perkantoran. Ada beberapa macam Surat Dinas yag biasa dilakukan oleh sebuah kantor antara lain sebagai berikut :

Macam Macam Surat Dinas

Beberapa Macam Surat Dinas :

  1. Surat Dinas 
  2. Nota Dinas 
  3. Memo 
  4. Surat Pengantar 
  5. Surat Edaran 
  6. Surat Undangan 
  7. Surat Tugas 
  8. Surat Kuasa 
  9. Surat Pengumuman 
  10. Surat Pernyataan 
  11. Surat Keterangan 
  12. Berita Acara 

Keterangan : 

  1. Surat Dinas merupakan surat yang berisi hal penting berkenaan dengan administrasi pemerintahan.
  2. Nota Dinas adalah surat yang oleh atasan kepada bawahan atau bawahan kepada atasan langsung atau yang setingkat berisikan catatan/pesan singkat tentang suatu pokok persialan kedinasan. 
  3. Memo adalah catatan singkat yang diketik atau ditulis tangan oleh atasan kepada bawahan tentang pokok persialan kedinasan. 
  4. Surat Pengantar adalah surat yang ditujukan kepada seseorang atau pejabat yang berfungsi untuk mengantarkan surat, dokumen, barang, dan/atau bahan lain yang dikirim. 
  5. Surat Edaran merupakan surat yang berisi penjelasan atau petunjuk tentang cara pelaksanaan suatu peraturan perundangundangandan/atau perintah. 
  6. Surat Undangan merupakan surat pemberitahuan kepada seseorang utnuk menghadiri suatu acara pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. 
  7. Surat Tugas adalah surat yang berisikan penugasan dari pejabat yang berwenang kepada seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan. 
  8. Surat Kuasa adalah surat yang berisi kewenangan penerima kuasa untuk bertindak atau melakukan suatu kegiatan atas nama pemberi kuasa. 
  9. Surat Pengumuman merupakan surat yang berisikan pemberitahuan mengenai suatu hal yang ditujukan kepada para pegawai atau masyarakat umum. 
  10. Surat Pernyataan adalah surat yang menyatakan kebenaran suatu hal disertai pertanggungjawaban atas pernyataan tersebut. 
  11. Surat Keterangan adalah surat yang berisikan keterangan mengenai suatu hal agar tidak menimbulkan keraguan. 
  12. Berita Acara adalah surat yang berisi laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa mengenai waktu ekjadian, tempat kejadian, keterangan, dan petunjuk lain sehubungan dengan kejadian atau peristiwa tersebut.

Incoming search terms:

  • macam macam surat dinas

Original source : Macam Macam Surat Dinas