CPNS dari IPDN Harus Dites

JAKARTA – Sekolah ikatan dinas seperti Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) tidak serta merta langsung jadi CPNS. Untuk menjadi PNS, harus melalui tes layaknya orang yang mencari kerja.

“Saya ingin CPNS (baik reguler maupun dari ikatan dinas) yang dihasilkan benar-benar berkompetensi dan profesional. Karena itu untuk mendapatkan aparatur yang berkualifikasi baik, harus dites dulu,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di Jakarta, Senin (7/5).

Sebagai sekolah ikatan dinas, lulusan IPDN telah dijatahkan CPNS. Namun saat ini, pemerintah akan memperketat proses pengangkatannya.

“Jadi kalau lulusan IPDN yang ingin menjadi CPNS harus dites dulu. Mekanisme tesnya seperti apa, sedang kami rumuskan bersama. Apakah dites saat masuk IPDN atau setelah lulus baru dites. Misalnya lulusan SMA yang ingin jadi PNS lewat jalur sekolah ikatan dinas maka harus dites dulu,” terangnya.

Sebelumnya, di kalangan anggota Komisi II DPR RI pernah mengusulkan agar pause CPNS juga diberlakukan untuk lulusan ikatan dinas. Bahkan sekolah ikatan dinas tertentu dihapuskan saja. Dengan alasan, banyak lulusan ikatan dinas seperti IPDN yang begitu jadi PNS malah tidak punya job jelas. Sementara tiap tahunnya, pemerintah harus menyediakan kuota yang cukup banyak untuk ancient pupils sekolah ikatan dinas. (esy/jpnn)

Incoming search terms:

  • IPDN 2013/2014
  • pengumuman diklat pasca uka lpmp kaltim

Original source : CPNS dari IPDN Harus Dites